Apakah kita tahu apa yang menyebabkan kanker payudara ?

Kanker payudara
Dapatkah penyakit kewanitaan ini dicegah?
Kita tahu apa yang menyebabkannya ?

Banyak faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara, tapi itu belum diketahui persis bagaimana beberapa faktor risiko ini menyebabkan sel menjadi kanker. Hormon tampaknya memainkan peran dalam banyak kasus kanker payudara, tetapi hanya bagaimana hal ini terjadi tidak sepenuhnya dipahami.

DNA adalah bahan kimia dalam setiap sel-sel kita yang membuat gen kita petunjuk bagaimana fungsi sel-sel kita. Kami biasanya terlihat seperti orangtua kita karena mereka adalah sumber dari DNA kita. Tetapi DNA mempengaruhi lebih dari bagaimana kita melihat.

Kontrol gen ketika sel-sel kita tumbuh, membagi menjadi sel-sel baru dan mati. Gen yang mempercepat pembelahan sel disebut onkogen. Lain yang memperlambat pembelahan sel, atau menyebabkan sel-sel mati pada waktu yang tepat, yang disebut gen supresor tumor. Perubahan tertentu (mutasi) dalam DNA onkogen "menghidupkan" atau "mematikan" gen supresor tumor yang dapat menyebabkan sel-sel normal payudara menjadi kanker.
Mutasi-mutasi gen warisan

Mutasi-mutasi DNA tertentu diwariskan secara dramatis dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker tertentu dan bertanggung jawab untuk banyak kanker yang berjalan di beberapa keluarga. Sebagai contoh, gen BRCA (BRCA1 dan BRCA2) adalah gen supresor tumor. Mutasi pada salah satu gen ini dapat mewarisi dari orang tua. Ketika salah satu gen ini bermutasi, itu tidak lagi menekan pertumbuhan abnormal, dan kanker lebih mungkin untuk mengembangkan.

Perempuan sudah mulai mendapat manfaat dari kemajuan dalam pemahaman dasar genetik kanker payudara. Pengujian genetik dapat mengidentifikasi beberapa wanita yang telah mewarisi mutasi dalam BRCA1 atau BRCA2 gen supresor tumor (atau kurang umum dalam gen lain seperti PT atau TP53). Perempuan ini kemudian dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara dan untuk memantau perubahan pada payudara mereka dengan hati-hati untuk menemukan kanker pada tahap sebelumnya, lebih diobati. (Lihat "untuk wanita yang sedang atau mungkin pada peningkatan risiko" di bagian "Kanker payudara dapat dicegah?")

Mutasi pada gen supresor tumor seperti gen BRCA dianggap "tinggi-penetrance" karena mereka sering menyebabkan kanker. Meskipun banyak wanita dengan tinggi-penetrance mutasi mengembangkan kanker, kebanyakan kasus kanker (termasuk kanker payudara) tidak disebabkan oleh mutasi semacam ini. Lebih sering, rendah-penetrance mutasi atau variasi gen adalah faktor dalam perkembangan kanker. Masing-masing dapat memiliki efek individu kecil pada perkembangan kanker, tetapi efek keseluruhan pada populasi dapat menjadi besar karena mereka umum, dan orang sering dipengaruhi dengan lebih dari satu pada saat yang sama. Gen yang terlibat dapat mempengaruhi hal-hal seperti tingkat hormon, metabolisme, atau hal lain yang berinteraksi dengan faktor risiko untuk kanker payudara. Gen ini mungkin akan bertanggung jawab untuk banyak risiko kanker payudara yang berjalan dalam keluarga.
Mutasi-mutasi gen yang diperoleh

Kebanyakan mutasi DNA yang berhubungan dengan kanker payudara terjadi pada sel-sel payudara tunggal selama wanita hidup daripada telah mewarisi. Ini memperoleh mutasi onkogen dan/atau supresor tumor gen mungkin hasil dari faktor-faktor lain, seperti radiasi atau bahan kimia yang menyebabkan kanker. Tapi sejauh ini, penyebab mutasi paling diperoleh yang dapat menyebabkan kanker payudara masih belum diketahui. Kanker payudara yang paling memiliki beberapa mutasi gen diperoleh.

Tes spot diperoleh gen perubahan dapat membantu dokter lebih akurat memprediksi prospek beberapa wanita dengan kanker payudara. Sebagai contoh, tes dapat mengidentifikasi sel-sel kanker payudara yang memiliki terlalu banyak salinan onkogen HER2 perempuan. Kanker ini cenderung lebih agresif. Pada saat yang sama, obat telah dikembangkan yang secara khusus menargetkan kanker ini dan meningkatkan hasil bagi pasien.


Baca Artikel Terkait Payudara:
1. Apakah Itu Kanker Payudara

Produk Terkait Kewanitaan :

Penting Untuk Anda :

Popular Posts