Apa Itu Kanker Payudara ?

 
Apa itu kanker?
Tubuh terdiri dari triliunan sel hidup. Sel tubuh normal tumbuh, membagi menjadi sel-sel baru, dan mati dalam cara yang teratur. Selama tahun-tahun awal kehidupan, sel normal membagi lebih cepat untuk memungkinkan orang untuk tumbuh. Setelah orang menjadi dewasa, kebanyakan sel-sel membagi hanya untuk menggantikan sel-sel usang atau sekarat atau untuk memperbaiki luka.

Kanker dimulai ketika sel-sel di bagian tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Ada banyak jenis kanker, tetapi mereka semua mulai karena out-of-control pertumbuhan sel abnormal.

Pertumbuhan sel kanker ini berbeda dari pertumbuhan sel normal. Bukannya sekarat, sel-sel kanker terus tumbuh dan membentuk sel-sel abnormal yang baru. Sel-sel kanker juga dapat menyerang (tumbuh menjadi) jaringan lain, sesuatu yang tidak bisa sel normal. Tumbuh di luar kendali dan menyerang jaringan lain adalah apa yang membuat sel-sel kanker.

Sel menjadi sel-sel kanker karena kerusakan DNA. DNA dalam setiap sel dan mengarahkan semua tindakannya. Dalam sel normal, ketika rusak DNA sel baik perbaikan kerusakan atau sel mati. Dalam sel-sel kanker, DNA yang rusak tidak diperbaiki, tetapi sel tidak mati seperti seharusnya. Sebaliknya, sel ini pergi membuat sel-sel baru yang tubuh tidak perlu. Sel-sel baru akan semua memiliki DNA yang rusak sama seperti sel yang pertama.

Orang dapat mewarisi DNA yang rusak, tapi kebanyakan kerusakan DNA ini disebabkan oleh kesalahan-kesalahan yang terjadi saat sel normal mereproduksi atau sesuatu dalam lingkungan kita. Kadang-kadang penyebab kerusakan DNA adalah sesuatu yang jelas, seperti Merokok. Tapi sering tidak jelas menyebabkan ditemukan.

Dalam kebanyakan kasus sel kanker membentuk tumor. Beberapa jenis kanker seperti leukemia, jarang membentuk tumor. Sebaliknya, sel-sel kanker ini melibatkan darah dan organ pembentuk darah dan beredar melalui jaringan lain tempat mereka tumbuh.

Sel-sel kanker sering bepergian ke bagian lain dari tubuh, dimana mereka mulai tumbuh dan bentuk baru tumor yang menggantikan jaringan normal. Proses ini disebut metastasis. Hal ini terjadi ketika sel-sel kanker mendapatkan ke dalam aliran darah atau getah bening pembuluh tubuh kita.

Tidak peduli mana kanker dapat menyebar, selalu dinamai untuk tempat di mana ia dimulai. Misalnya, kanker payudara yang telah menyebar ke hati masih disebut kanker payudara, kanker tidak hati. Demikian juga, kanker prostat yang telah menyebar ke tulang adalah metastasis kanker prostat, bukan kanker tulang.

Jenis kanker dapat berperilaku sangat berbeda. Misalnya, kanker paru-paru dan kanker payudara adalah penyakit yang sangat berbeda. Mereka tumbuh pada tingkat yang berbeda dan merespons perawatan yang berbeda. Itu sebabnya orang-orang dengan kanker membutuhkan perawatan yang ditujukan untuk jenis tertentu dari kanker.

Tidak semua tumor kanker. Tumor yang tidak kanker disebut jinak. Tumor jinak dapat menyebabkan masalah-mereka dapat tumbuh sangat besar dan tekan pada sehat organ dan jaringan. Tetapi mereka tidak dapat tumbuh menjadi (menyerang) jaringan lain. Karena mereka tidak bisa menyerang, mereka juga tidak dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh (bermetastasis). Tumor ini adalah hampir tidak pernah hidup mengancam.


Popular Posts