NILA RIWUT

http://www.nila-riwut.com/ Cerita Suku Dayak Lengkap di Nila Riwuh dot Com
Profil Nila Riwut Lengap Cerita Suku dayak Kalimantan dan Asal Mula Suku Dayak , Sejarah Suku Dayak Orang-Orang Penting di dalam SUKU DAYAK di KALIMANTAN . ( http://dwexxuty.blogspot.com/2012/08/www-nila-riwut-com-nila-riwuh.html )
Tjilik RiwutNila RiwutDr.G.Budi Subanar
Tjilik RiwutNila RiwutDr.G.Budi Subanar

Saya, Nila Riwut, perempuan Dayak, ibu rumah tangga, dan nenek 2 orang cucu. Saya berdomisili di Yogyakarta, Indonesia, mencoba memaknai hidup dengan menekuni dan memperkenalkan budaya leluhur suku Dayak, Kalimantan, Indonesia. Ketertarikan saya kepada budaya Dayak karena sejak remaja oleh almarhum ayah saya, saya digiring kearah itu dan pada akhirnya saya jatuh cinta dan bertekad menekuninya. Semua saya lakukan dengan tulus dan penuh syukur sebagai persembahan saya kepada almarhum kedua  orang tua saya.
Pemahaman saya tentang budaya leluhur telah benar-benar diperkaya oleh catatan harian dan dokumentasi pribadi almarhum ayah saya, bapak Tjilik Riwut. Agar dokumen tersebut dapat menjadi sebuah karya yang memiliki nilai akademis dan dapat memberikan sumbangan bagi Ilmu Pengetahuan, dalam melaksanakan upaya tersebut, saya ditemani oleh Dr.G.Budi Subanar, Dosen Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dengan bimbingan beliau, beberapa judul buku telah berhasil diterbitkan. Demikian pula dengan website ini ditulis berdasarkan pemahaman saya tentang budaya Dayak dari catatan harian dan dokumentasi Bapak Tjilik Riwut.
Sejarah dan budaya suatu suku bangsa adalah aset dunia yang tak ternilai harganya. Agar tidak menguap begitu saja,  mari kita saling mengisi dan melengkapinya. Sekalipun kecil dan tak berarti, saya berharap semoga upaya ini tidak sia-sia.
Launching
Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa website www.nila-riwut.com hari ini dipublish, minimal bisa memenuhi hasrat siapa pun yang ingin tahu secara mendalam mengenai Apa dan Siapa Suku Dayak, Kalimantan, Indonesia.
Goa Macan, Seruyan, Kalteng.
Goa Macan, Seruyan, Kalteng.
Tanggal 17 November sengaja dipilih sebagai tanggal launching karena angka 17 merupakan angka keramat, angka kesayangan dari almarhum ayah saya Tjilik Riwut. Kebetulan pula hari ini merupakan hari ulang tahun Adek, keponakan saya, putra kedua dari adik saya Ida Riwut yang adalah juga pemandu dari website ini. Meskipun Adek seorang yang tidak banyak bicara, namun hasil kerja Adek bagi saya sangat memuaskan.Terima Kasih dan Selamat Ulang Tahun Adek.
Bukan suatu janji namun telah menjadi tekad saya bahwa secara bertahap website ini akan dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai suku Dayak. Baik budaya, sejarah, pengobatan, kuliner hingga kamus bahasa Dayak Ngaju dan masih banyak lainnya. Dalam kesempatan ini, saya mohon dukungan doa agar semangat saya tak lapuk oleh hujan, tak lekang oleh panas. Semoga website ada manfaatnya dan dapat terus maju serta berkembang.

Penulis :  
http://dwexxuty.blogspot.com/2012/08/www-nila-riwut-com-nila-riwuh.html
Sumber : http://www.nila-riwut.com/

Popular Posts