Membuat Tulisan Berjalan Format GIF

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus kurang beberapa hari, umbul-umbul merah putih sudah berkibar di depan rumah, sedangkan Bendera Merah Putih masih terlipat rapi di lemari menunggu perintah Pak Camat dipasang. Tetapi sepertinya tidak semeriah tahun lalu (ada carnaval,lomba-lomba,baris-berbaris,dsb.. .mungkin hanya di tempatku saja? Atau sebab bersamaan dengan jatuh-nya bulan Puasa Ramadhan tahun 2011?) …
Untuk itu dengan tidak mengurangi jiwa patriotisme dan agar tetap semangat, saya berusaha memeriahkan Hari Proklamasi ini dengan cara lain, yaitu memasang Logo atau Banner Text bernuansa Merah Putih pada Blog-Situs Web saya. Jika ingin pro-aktif dan belum tahu cara membuat Banner Text , ikuti saja Artikel Tutorial singkat berikut ini, tentang bagaimana cara mudah dan cepat membuat desain Banner Text-teks Animasi sederhana dengan Tema HUT RI KE-66 memakai Software Ulead GIF Animator.
Untuk memulai membuat Banner Text, berikut langkah-langkahnya :

BILA INGIN MEMBUAT GAMBAR FORMAT GIF KLIK SITUS INI http://gickr.com/

    1. Pertama, silahkan download  dahulu,kemudian Install Ulead GIF Animator, eksekusi-jalankan programnya >> langsung saja pilih Menu File >> New >> akan keluar tampilan Canvas size, dari sini anda bisa menentukan Size-Width-Heigth/ukuran panjang lebar bidang Banner yang diinginkan

    1. serta warna Background-nya >> akhiri dengan klik OK.
    1. Kembali ke Menu Utama di toolbar >> pilih Frame >> Add Banner Text
    1. Pada Tab Text ( seperti layak-nya menu Ms Word atau Editor Grafis ) anda bisa leluasa menulis dan edit teks, seperti memilih jenis font-huruf,ukuran huruf,tata letak sampai pada warna teks.
    1. Pada Tab Effects , seperti pada software-software animasi maker pada umumnya, anda bisa membuat skenario tampilan Tulisan yang Atraktif melalui efek-efek yang sudah tersedia, semisal Fade-Scrool-Zoom dan lain-lain.
    1. Pada Tab Frame Control tampilan teks bisa diatur kecepatan-nya, tergantung berapa nilai-value yang anda berikan, perhatikan bahwa nilai semakin besar tampilan animasi teks semakin lambat ( seper-seratus tiap detik ).
    1. Pada Tab Neon , huruf/teks bisa diberi pencahayaan pada garis luar-nya/kontur dengan cara memberi centang pada opsi Neon, dengan memilih warna yang sesuai dengan warna pada inner huruf-nya.
    1. Sebagai tambahan , jika ingin mengatur letak atau posisi teks, klik dan tahan mouse pada tampilan teks yang ada pada Area Kerja ( Preview Banner ), lalu geser-geser sedikit sesuai keinginan.
    1. Jika sudah puas dengan mengatur setting an teks, silahkan anda lihat ‘tampilan sementara’ dengan klik tombol/button Start Preview, untuk menghentikannya klik Stop Preview.
    1. Hasil jadi Banner Text Animasi-nya seperti berikut :
    1. Selanjunya Klik OK >> pilih Create as Banner Text untuk menampilkan-nya pada Time Line Frame di bawah-mirip front player video.
    1. Lagi, jika ingin menghapus salah satu Frame, pada Time Line klik kanan salah satu frame yang akan di delete >> pilih Delete Frame …Saya sering melakukan ini sebagai salah satu upaya menghemat kapasitas file yang nantinya dihasilkan.
    1. Langkah terakhir sebagai finishing, simpan hasil banner text lewat Menu File >> Save As >> pilih format GIF File, pilih destinasi di lokal drive ,beri nama lalu klik Save. File Banner Text Animasi sudah jadi, sekarang sudah bisa dipasang langsung atau ditempelkan pada situs web, sidebar-konten postingan wordpress maupun Blogspot anda.
    Download SOftware Dulu Sob..: http://www.ziddu.com/download/18270740/UGAnimator.rar.html

    SUMBER : http://dwexxuty.blogspot.com/2012/01/membuat-tulisan-berjalan-format-gif.html

    Popular Posts