Sewa Tanah Keraton Hanya Rp 13.000 Per Tahun

Share  
YOGYAKARTA, DwexxUty.BogSpot.COM - Berdasarkan data Badan Pertahanan Nasional, Keraton Yogyakarta memiliki tanah seluas 3.900 hektar atau sekitar 1,23 persen dari total luas tanah DIY yang mencapai 318.580 hektar. Barangkali tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu bahwa siapapun yang mendiami tanah keraton hanya diwajibkan membayar uang sewa maksimal Rp 13.000 setiap tahun.
ILUSTRASI - Rombongan wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Yogyakarta
"Keraton punya kelembagaan yg mengurusi tanah dan bangunan keraton. Begitu masyarakat mengajukan permohonan, apabila disetujui maka mereka akan menandatangani kesepakatan mendiami tanah Keraton-dengan surat magersari. Uang sewa setiap tahun paling mahal Rp 13.000," kata Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X," Jumat (25/11/2011) saat menerima kunjungan Majelis Rakyat Papua Provinsi Rakyat Papua di Kepatihan, Yogyakarta.
Menurut Sultan, dari sisi jumlah uang sewa tersebut sangat kecil. Namun pembayaran tersebut berfungsi untuk mengikat perjanjian antara masyarakat dan Keraton
"Jika pengajuan diterima, maka mereka yang mengusulkan akan mendapat Surat kekancingan yang menyatakan mereka memiliki hak atas tanah keraton. Sedangkan, untuk pengajuan dari pengusaha yang mendirikan tempat-tempat industri atau perhotelan akan diatur dengan sertifikat hak guna bangunan yang menyebutkan bahwa bangunan tersebut didirikan di atas tanah Keraton," tambah Sultan.

Popular Posts