Pengertian USB 3.0 - Apa itu USB 3.0

Share
usb 3 point 0

Seperti apa sih USB 3.0

USB merupakan koneksi antara perangkat komputer dengan media external yang paling populer. USB hampir bisa dikatakan menghubungkan semua perangkat komputer dengan perangkat lain seperti printer, modem, keyboard, mouse, gamepad, flashdisk, dan lain-lain. USB interface mengalami perkembangan paling pesat dibanding interface komputer lainnya.
Mulai dari USB 1.0/1.1 yang mempunyai kecepatan 12 Mbps , kemudian meningkat sangat cepat dengan adanya USB 2.0 menjadi 480 Mbps dan yang segera akan menggantikan yaitu USB 3.0 dengan kecepatan  10x lipat menjadi 4,8 Gbps. USB 3.0 mulai diperkenalkan tahun 2007 pada saat acara Intel Developer Forum,  versi ini kemudian disempurnakan dan diselesaikan pada 17 November 2008 oleh USB Implementers Forum atau yang lebih dikenal dengan USB-IF. USB 2.0 dikenal juga dengan nama Hi-Speed USB, sedangkan USB 3.0 ini diberi nama SuperSpeed USB.
Perangkat yang menggunakan USB 3.0 tetap akan kompatibel dengan interface USB 2.0
Seperti halnya dengan perangkat dan interface USB 1.0/1.1 dengan USB 2.0, perangkat dan interface pada USB 3.0 tetap kompatibel dengan perangkat / interface USB 2.0. Konektor dan kabel yang digunakan pada USB 3.0 secara fisik tampak sama dan secara fungsi bisa terpasang di perangkat/interface USB 2.0. Hanya saja kecepatan yang didapatkan akan turun sesuai dengan maksimum kecepatan pada perangkat USB 2.0.

USB 2.0 (Hi-Speed) USB 3.0 ( SuperSpeed )
Kecepatan Transfer Max 480 Mbps Max 4,8 Gbps
Jalur Upload dan Download pada 1 jalur Upload dan Download memakai jalur yang berbeda
Fitur Power Management Belum terlalu baik Mempunyai power management yang lebih baik untuk mengurangi penggunaan power pada saat idle ataupun beroperasi.
USB 2.0 seperti terlihat pada tabel tidak membedakan jalur untuk upload data maupun downloada data, hal ini memang karena pada kabel USB 2.0 hanya menggunakan 4 jalur, yaitu data in, data out, power, dan ground. Nah untuk menutupi kelemahan pada USB 3.0 menambahkan 5 buah jalur baru yang terletak pada sela-sela jalur seperti pada USB 2.0. Secara paralel jalur baru ini akan digunakan untuk menambah jalur data yang sudah ada seperti halnya pada USB 2.0 sehingga kemampuan USB 3.0 meningkat karena dapat melakukan” Read Data” dan “Write Data” secara bersamaan.
usb-30port
Yang Berwarna biru adalah Port USB 3.0
USB 2.0 belum memiliki manajemen daya yang baik, ketika sebuah perangkat dengan menggunakan koneksi USB 2.0 terpasang pada sebuah komputer, komputer akan terus memberikan daya secara kontinyu kepada perangkat tersebut walaupun sedang tidak digunakan atau diakses. Hal ini bisa terlihat pada laptop misalnya, ketika ada perangkat USB yang terpasang, baterai laptop akan cenderung lebih cepat habis, dibanding bila sama sekali tidak ada perangkat USB terpasang. Pada USB 3.0 kemampuan manajemen daya betul-betul ditingkatkan ,walaupun sebuah perangkat USB 3.0 terpasang dikomputer tetapi tidak digunakan perangkat tersebut akan dimatikan sementara, akan tetapi jika tiba-tiba diakses , perangkat akan dengan cepat merespon kembali.
Keunggulan lain dari USB 3.0 adalah daya yang dihasilkan cukup besar yaitu mencapai 900miliampere, dibandingkan dengan USB 2.0 yang hanya sekitar 100miliampere saja. Dengan kemampuan ini maka perangkat yang menggunakan USB  sebagai charger dapat lebih cepat diisi kembali. Sekarang ini hampir semua perangkat multimedia seperti MP3 Player, MP4 Player, perangkat Game portable, dan juga handphone/smartphone seperti blackberry pun juga menggunakan USB untuk mengisi baterai.
Beberapa produsen mainboard seperti Gigabyte, Asus, MSI dan Intel Dekstop sudah mempersiapkan produk-produknya untuk mendukung USB 3.0. USB 3.0 menjadi ancaman yang serius bagi perangkat – perangkat dengan interface Firewire. Kecepatan transfer data yang dapat dicapai tidak terkejar oleh perang

Popular Posts