Malinda Transfer Rp 21,5 Miliar ke Rekening Ismail

Share
JAKARTA, DWexxUTY.BlogspoT.comInong Malinda Dee (48), mantan Senior Relationship Manager Citibank Landmark, Kuningan, Jakarta, mengiyakan saat ditanyai uang sebesar Rp 21,5 miliar milik nasabah yang ditransfer ke rekening pribadi atas nama Ismail bin Janim, adik iparnya.


Malinda menyatakan, dia rata-rata mentransfer uang dengan nominal antara Rp 50 juta dan Rp 500 juta ke rekening Ismail.
Pertanyaan itu disampaikan Ketua Majelis Hakim Kusno saat memeriksa Malinda yang bertindak selaku saksi dalam kasus pencucian uang yang didakwakan kepada Ismail di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2011).
Malinda menyatakan, dia rata-rata mentransfer uang dengan nominal antara Rp 50 juta dan Rp 500 juta ke rekening Ismail. "Ada yang 500 (juta), ada 100 (juta), ada juga 50 (juta)," kata Malinda.
Malinda menerangkan, kegiatan "penitipan" dana nasabah itu telah berlangsung sejak 2008 hingga 2010. Saat ditanyai hakim tentang adanya dana nasabah yang mengalir ke rekening Ismail pada 2011, Malinda menjawab, "Mungkin masih ada di tahun 2011!" Akan tetapi, dia tidak pernah menjelaskan kepada Ismail dari mana dana tersebut berasal.
Kepada hakim, Malinda juga mengaku tidak mengingat dari rekening siapa dana transfer itu diambil. "Kadang dari rekening saya, kadang dari rekening klien," jawab wanita kelahiran Pangkal Pinang ini.
Tentang tujuan pemindahan dana nasabah, Malinda menerangkan bahwa karena kesibukannya, dia kerap meminta bantuan adik iparnya itu untuk melakukan pembayaran listrik, sejumlah cicilan, dan pembayaran kartu kredit non-Citibank miliknya.
Namun, dia mengaku tidak ingat saat ditanyai jaksa penuntut umum (JPU) apakah tujuan transfer dana tersebut disampaikan kepada Ismail. Adik ipar yang juga disebutnya anak itu, lanjut Malinda, adalah seorang pria penurut yang sangat sungkan bila berhadapan dengan dirinya. Karena itu, segala hal yang berkaitan dengan permintaan Malinda tidak pernah dimintainya keterangan lebih lanjut.
"Biasanya, saya telepon dulu untuk bilangin mau transfer uang," kata Malinda.
Dana tersebut hanya dititip sementara di rekening pribadi Ismail. Selanjutnya, dalam interval satu-dua hari, Malinda akan menelepon lagi untuk meminta Ismail memindahkan dana tersebut ke rekening lainnya. Empat di antaranya adalah rekening pribadi atas nama Inong Malinda Dee, rekening atas nama PT Eksklusif Jaya Perkasa, perusahaan Malinda, rekening milik Visca Lovitasari, adik Malinda, dan rekening Andhika Gumilang, suami siri Malinda.
"Biasanya saya selalu mengecek lagi proses transfer dan nilai nominalnya," ujarnya.
Malinda juga menjelaskan bahwa sebagian kecil dana yang diambil Ismail dari dana titipan memang sesuai perintah atau sepengetahuannya.

Popular Posts